Toksoplasma & TORCH Test

Juni 27, 2006 at 8:15 am 91 komentar

dari hasil ceting2an, tampaknya saat ini lagi musim hamil, temen2nya si non ada 4orang yang lagi hamil, eh, 5 deng. banyak kan?

jadi inget kalo 3 minggu yg lalu si non ke lab untuk preksa tokso. soalnya, kata mba nen,

Mumpung belum hamil, preksa tokso aja dulu, Cel.
soalnya Tokso itu bisa bikin keguguran n bikin janin jadi cacat. Bisa nular ke bayi yg bakal dilahirin juga.
Trus, kata dokter ku, kalo kena tokso, ngobatinnya lumayan lama, bisa 3 bulan..!

wuiiih… serem amat?
penasaran, dia cari2 info tentang tokso. Maen2 ketempatnya mbah dukun yang serba tau dan baik hati, mbah Gugel.

Apa sih Toksoplasma?

“Toksoplasma atau toksoplasmosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii.”

Berbahaya kah?

“Pada dasarnya manusia resisten (kebal) terhadap infeksi toksoplasma. Walaupun terinfeksi (kuman masuk ke dalam tubuh), itu tidak menimbulkan gejala penyakit.
Namun, pada wanita hamil ternyata dapat berdampak signifikan, seperti mengakibatkan abortus (keguguran), atau cacat pada janin.”

wakkkssss…. ternyata beneran syereemmmm.

kalo ibu hamil ternyata kena tokso, Bisa diobatin ga?

“Anda harus menemui dokter untuk mendapatkan Spiramycin atau pyrimethamine plus sulfadiazine”, itu kata dr.Ady di Mailing List Dokter Indonesia.

Ahh… bisa diobatin… Alhamdulillah.

Gejala orang yang terinfeksi parasit ini kayak gimana sih?

“80 – 90 % orang normal tidak menunjukkan gejala. hanya 10-20 persen menunjukkan gejala berupa : gejala seperti flu dan pembesaran kelejnar leher. Gejalanya biasanya ringan dan sembuh sendiri dalam beberapa bulan. kebanyakan orang akan menganggap bahwa dia terkena flu ringan dan tidak perlu pergi ke dokter. kalau toh pergi juga, dokter pun sangat jarang yang berpikir kearah infeksi toksoplasma.”

Trus, gimana dong cara tau kita kena Tokso atau ga?

“Banyak cara, misalnya isolasi parasit, deteksi bahan genetik dengan PCR, dll. termasuk pemeriksaan serologi. Pemeriksaan serologi inilah yang rutin dilakukan karena cara yang lain komplek dan tidak banyak bermakna.”

Kapan kita harus tes TORCH?

“Terhadap golongan dewasa, tentu saja bisa dilakukan kapan saja. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan laboratorium sebelum Anda hamil”
Atau paling ga bagi wanita yang baru/sedang hamil

Waduh, pemeriksaan serologi itu apa yah? kurang tau deh, tapi pokoknya tes darah gitu deh. Soalnya si Non langsung lari ke Rs.Bunda untuk konsultasi n tes lab. Berhubung dia gawe, jadi dia ke Rs.Bunda nya hari Sabtu.

Kenapa ke Rs.Bunda yang nun jauh disana?
soalnya, pas browsing2, ternyata Rs.Bunda itu yang paling banyak punya stok dokter yg praktek pas hari sabtu pagi. ke dokter kan paling males ngantrinya. toh dia cuman mau konsul n ke lab. konsulnya standar pula. harusnya semua dokter OBGYN tau tentang tokso kan? Gila aja kalo ga..!!!

Bener, di Rs, doi di periksa USG ama dokter yg pasti orang padang (Asril nama padang kan?). eh, dokter kandungan (OBGYN) kok jarang banget cewe ya?
Trus disuruh ke lab. untuk tokso, cuman diambil darahnya doang. 2 botol (botol keciiill… gelas kimia imut2 itu lo!)

Tes Tokso itu apa aja?

Tes untuk tokso namanya TORCH. yang dipereksa sebenernya ada 4 jenis. parasit TOxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan virus Herpes. Masing2 ada tes IgM dan IgG nya. Total ada 8 item tes…
si Non disuruh tes 2 jenis ajah. Toxoplasma dan CMV. jadi ada 4 item tes. Biar ga terlalu mahal kali ya? kasian. si non kan dateng konsultasi sendirian…
Hasil tesnya bisa diambil hari senennya.

Harganya?

Mahal…!!
Rs.Bunda itu pake Lab-nya PRODIA. ini listnya kemaren, mungkin di lab laen ga jauh beda. atau ada yang lebih murah?
Anti-Toxoplasma IgM: Rp. 140.000,-
Anti-Toxoplasma IgG: Rp. 150.000,-
Anti-CMV IgM: Rp. 215.000
Anti-CMV IgG: Rp. 145.000

Gimana hasilnya?

Nah. ini masalah besar… sama mbak2 di Prodia diterangin sih (soalnya si non keukeuh nanya gimana cara bacanya, tadinya disuruh tanya ke dokter aja). tapi dasar ga percayaan, dia nanya lagi ama mbah Gugel.

Kata mbah Gugel, bbuuaanyak banget orang yang bingung gimana cara baca hasil labnya. untungnya dokter2 di MLDI selalu bersedia ditanyain tentang cara baca hasil tes TORCH melulu ama pasien. dr.Hendra, OBGYN tenar di MLDI pasti selalu bilang, “Silakan pelajari lagi arsip MLDI”

Setelah ngubek2 mail-archieve MLDI, emang banyak banget penjelasan tentang hasil tes TORCH. tapi tetep aja masih banyak orang yang tanya. Akhirnya ketemu juga penjelasan yang lugas dan lumayan mantab, dari dr.Ady.

Tes TORCH dan arti hasilnya.

1.
Periksalah serum untuk mencari ada tidaknya IgG spesifik untuk parasit/virus TORCH.
Bila hasilnya NEGATIF, berarti Anda tidak pernah terinfeksi TORCH
Bila POSITIF, berarti pernah terinfeksi.
Note: (periksa Anti-Toxoplasma IgG, Anti-Rubella IgG, Anti-CMV IgG, Anti-HSV2 IgG).
Tes IgG itu untuk meriksa apakah pada masa lalu si pasien pernah kena infeksi.

2.
Bila IgG POSITIF, maka untuk menentukan kapan infeksi tersebut, Anda harus melakukan pemeriksaan serum untuk mencari ada tidaknya IgM parasit/virus TORCH.
Tes IgM ini fungsinya untuk memeriksa apakah saat ini si pasien terinfeksi TORCH.

3.
Bila IgG Positif dan IgM Negatif :
Anda telah terinfeksi lebih dari setahun yang lalu. Saat ini anda mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap parasit itu.
Anda tidak perlu khawatir untuk hamil.

4.
Bila IgG Positif dan IgM juga Positif: Anda tengah mengalami infeksi dalam 2 tahun terakhir. (mungkin pula ada false pada hasil IgM)
Anda harus catat berapa angka IgM tersebut.

5.
Selanjutnya Anda harus melakukan lagi pemeriksaan IgM (kalau perlu sekalian IgG) setelah 2 minggu dari pemeriksaan pertama.

6.
Bila IgM tetap Positif atau malah naik angkanya, berarti anda sedang terinfeksi TORCH. Sebaiknya anda sembuhkan dulu infeksi ini baru kemudian mulai hamil.

————————–

Dari dulu ampe sekarang (mungkin), banyak orang yang nyalah2in kucing sebagai pembawa sumber Tokso (parasit Toxoplasma gondii). Berikut penjelasan panjang lebar dari dr.Ady di MLDI:

Emang bener yah? Tokso disebapin oleh kucing?

“Dulu dokter biasanya mengatakan bahwa wanita harus menghindari kucing,
kenyataannya hal itu tidak sepenuhnya perlu.”

“Nama Parasit : Toksoplasma gondii.
Parasit ini adalah protozoa yang menginfeksi hampir semua spesies binatang berdarah panas (sapi, kambing, domba, tikus, babi), termasuk pula manusia.”

“Menurut siklus hidup Toksoplasma, kucing adalah satu satunya binatang dimana toksoplasma ini berada pada stadium sexualnya, dan karenanya kucing adalah reservoir utama toksoplasma ini.”

Dari mana kucing mendapat infeksi toksoplasma?

“dari makanan nya yang berasal dari daging, dari sifat carnivoranya. Kalau seumur hidup kucing tidak pernah makan daging, tentunya dia tidak akan terinfeksi toksoplasma.”

“Setelah kista toksoplasma dalam daging dimakan oleh kucing, maka parasit hidup ini akan masuk ke sel usus kecil kucing. Disana parasit mengalami proses asexual, lalu sexual lalu membentuk yang namanya oocyst, lalu kista ini dibuang lewat kotoran kucing. Setelah 1 – 5 hari, kista ini menjadi infektif, bisa menularkan penyakit.”

“Dari kucing, kotoran inilah yang membawa penularan penyakit. Meskipun kucing hanya menyebarkan kista sekali dalam 1 atau 2 minggu, tapi jumlahnya cukup besar.”

“Kista ini di lingkungan dapat hidup sampai beberapa bulan. dan dia tahan terhadap desinfektan, freezing, and drying. tapi dia akan mati pada suhu 70 derajat C dalam 10 menit.”

Gimana cara penularan infeksi pada manusia?

“Infeksi pada manusia dapat terjadi lewat berbagai cara (bukan kucing saja):
1. memakan daging tidak/ kurang/ setengah matang yang mengandung kista Toksoplasma.
2. menelan kista lewat tangan yang kotor atau makanan yang terkontaminasi.
3. transplanmtasi organ
4. tranfusi darah
5. lewat plasenta ibu ke janin.”

“Bila seorang terinfeksi, parasit ini akan membentuk kista di : otot rangka, otot jantung, dan otak. Parasit ini bisa tinggal didalam sana seumur hidup host nya.”

Bagaimana infeksi terjadi pada janin?

“Infeksi toksoplasma pada janin (Congenital Toxoplasmosis) timbul akibat infeksi primer AKUT pada ibu KETIKA dia sedang hamil. Berat ringannya tergantung kapan ibu hamil tersebut terkena infeksi.”

“Pada kehamilan 3 bulan pertama, parasit jarang yang menembus plasenta dan menyerang janin ( saya tidak tahu kenapa), namun bila ternyata bisa menyerang janin, maka janin itu akan menderita banyak masalah kesehatan. Sebaliknya pada kehamilan 3 bulan terakhir, banyak parasit yang dapat menembus plasenta dan menyerang janin, tapi justru sedikit resiko kesehatan bagi janin itu. Bayi ini kemudian setelah lahir bisa menunjukkan gejala toksoplasmosis bila tidak diobati.”

——————–

Nah… demikian sekelumit cerita tentang Toksoplasma dan arti hasil Tes TORCH. Sengaja dipublish lewat blog ini karena si Non merasa informasi begini wajib di share ke semua orang.

Info2 tadi merupakan rangkuman dari arsip Mailing List Dokter Indonesia (MLDI), terutama dari penjelasan dr.Ady di forum tersebut. O iya, ada juga info yang diambil dari website Dep Kes RI.

Hayoo… pasti penasaran tentang MLDI kan?
info ttg MLDI dibuatin postingan sendiri aja deh… soalnya postingan ini dah kepanjangan…

Mengingat cukup banyaknya yang ternyata ingin berkonsultasi dengan si Non, maka saya sampaikan bahwa:

si Non itu bukan dokter n belum pernah belajar kedokteran. seperti yang dah dijelaskan di atas, dia meng-kompilasi data2 diatas dari Mailing List Dokter Indonesia.

jadi, maap ya kalau tidak bisa membantu dalam konsultasi.
harap maklum…

sekian, semoga berguna…

Š

Entry filed under: Info. Tags: .

Anarkis Hidup ini Sederhana kok…

91 Komentar Add your own

  • 1. Hendrixus Rumapea  |  Juni 28, 2006 pukul 10:51 am

    dashyat banget majikan si jereng!
    referensinya banyak….

  • 2. Sissy Dauhan  |  Juli 21, 2006 pukul 6:26 pm

    Thanks banget ya informasinya sungguh sangat membantu. Hari ini saya baru terima hasil lab TORCH, dengan hasil lgG positif untuk toxoplasma dan rubella, paniknya setengah mati, langsung suami dan saya browsing dan ketemu deh sama oom jereng ini. Sungguh melegakan oom secara sampai awal minggu ini kita belum bisa menemui dokter karena harus keluar kota. Thanks a lot ya Oom.

  • 3. jerri  |  Juli 27, 2006 pukul 12:33 pm

    #2. wah, senangnya bisa berguna…. :D

  • 4. hilda nuraisa ariyanti  |  September 7, 2006 pukul 8:23 am

    assalammualaikum wr.wb
    saya icha ,remaja berumur 17 th.saya kena CMV,RUBELLA,&toxsoplasma.wkt terkhr priksa bulan februari.
    cmv=200,rubela=100,toxoplasma=50.
    tp bulan2 ini saya blm priksa,cmn yg saya sesalkn gejala2 spt pusing,sakit perut,panas,muntah2 sering sekali terjadi pd saya.pdhl saya sdh tdk bermain lg dgn kucing lg.yg mau saya tanyakan;
    1.apakah saya bisa sembuh 100% ?
    2.apakh jika nanti klo saya sudah wktnya hamil bs keguguran
    atau bayinya tdk sehat?

  • 5. Didi Suryana  |  September 13, 2006 pukul 1:17 pm

    Mohon maaf saya mau bertanya…., beberapa bulan yang lalu istri saya tiba-tiba jadi lemes dan lesu di mulai tgl 24 April 2006, setelah dirawat inap dan observasi, hasil lab nya menujukan ada indikasi kekurangan Kalsium… setelah dirawat beberapa hari dan di ceck ulang darahnya kandungan kalsium membaik, tetapi kondisinya semakin lemah…lalu saya bawa pulang, beberapa hari dirumah kondisinya semakain memburuk, lalu dirawat inap lagi di RSAI bandung, selama 13 hari kondisi internist kembali membaik lalu saya bawa pulang lagi, beberapa hari kemudian masuk lagi ke RSAI, karena dia sudah tidak dapat menulis dan memegang gelas, sepintas seperti kena stroke, segala macam permasalahan medis telah dilakukan tapi istri saya sekarang sudah tidak berdaya, semua fungsi panca indranya sudah tidak berfungsi, beberapa hari sebelum pulang dari rawat inap RSHS (setelah RSAI tidak mampu) istri saya diperiksa darahnya ada indikasi Anti CMV IgG Positif 12.43 U/ml.mohon maaf ada yang bisa kasi saran untuk permasalahan saya ini?….please help…(kata dr syarafnya istri saya kena “CJD”) tetapi data medicnya tidak mendukung, gejala yang ditimbulkan seperti “MS”, “CJD” dll, Hasil MRI 2 kali tidak ada indikasi apa2, istri saya berumur 47 thn

  • 6. Vera  |  September 19, 2006 pukul 8:35 am

    Thanks buat info Toxo-nya.
    Ada hal yang saya mau tanyakan. Sekarang saya sedang hamil dengan usia kehamilan memasuki bulan ke 5. Selama ini saya diperiksa oleh dokter obgyn dan kondisi janin baik & normal. Tetapi saya dianjurkan untuk memeriksa Toxo dan Rubella. Yang ingin saya tanyakan apakah perlu saya memeriksakan Toxo & Rubella tersebut padahal usia kehamilan saya sudah memasuki bulan ke 5? Dari keterangan dokter di atas sebaiknya pemeriksaan Toxo dilakukan sebelum hamil dan pada awal2 kehamilan.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  • 7. [nEeNa-JoSE]  |  September 22, 2006 pukul 6:08 pm

    aduh, makasi buanget info2nya.
    LENGKAP!
    mulai dari awal sampe akhir

    saya ‘ma suami jg abis ini mo coba tes TORCH
    soalnya qta ada planning utk sgera punya baby
    daripada keburu terlambat tes … ntar ke depannya bakal kenapa2 lagi

    tiap sore saya emang sering bersih2 halaman+ngurus masalah per-kucing-an … maklum, sayang kucing sih (o”_”o)
    tp emang harus sayang diri sndiri juga yah ?!
    makanya abis ini pengen banget tes TORCH
    cuman diambil sample darahnya aja kan
    [hiii … tatut sih benernya (>_

  • 8. ny.elfi  |  September 29, 2006 pukul 12:47 pm

    halo dokter apakabar?
    salam kenal, saya elfi. kebetulan saya terkena TORCH (HSV I IgG145.4, HSV II IgG 1.35, CMV IgG2.89, Toksoplasma IgG 45.2)
    saya bulan agustus lalu di kiret karena janin tidak berkembang. dan ternyata itu akibat TORCH. sebelum hamil saya memang tidak melakukan test TORCH. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Virus-virus itu cara penularannya gimana?
    2. Bisa diobati gak?
    3. Bisa hamil lagi gak?
    4. Berapa lama harus berobat?
    5. Apakah bisa sembuh total?
    terimakasih. mungkin kalo ada informasi yang lain nya yang tidak saya tanya kan dokter bisa memberitahu saya.

  • 9. jerri  |  Oktober 9, 2006 pukul 10:47 am

    aduh, mba-mba n mas-mas…
    si Non itu bukan dokter n belum pernah belajar kedokteran. seperti yang dah dijelaskan di atas, dia meng-kompilasi data2 diatas dari Mailing List Dokter Indonesia.

    jadi, maap ya kalau tidak bisa membantu dalam konsultasi.
    harap maklum…

  • 10. fifi  |  Oktober 23, 2006 pukul 8:09 am

    tokso tu isa nular ga sih..?soalna, ada temen yang kena, kata ortu aku tokso itu nular, tapi ada yang bilang kalo tu ga nular.. yang bener nular ga sih..?
    makasi..=)
    kalo semput tolong balesin ke email aku yaw..! thx!=)

  • 11. aulia  |  November 6, 2006 pukul 8:52 am

    Thanks a lot. it is realy helpful. Kemaren aq barusan tes, IgG toxo +, IgM -. Apalagi di rumah adek piara kucing yg agak sakit-sakitan, tapi gak boleh disingkirin. Paniknya minta ampun. Blom sempet ketemu dokter lagi!! Tapi berkat info ini aq jd lebih ngerti and bisa mulai atur langkah strategis. Thanks…..

  • 12. Anne  |  November 8, 2006 pukul 11:52 am

    Pas banget deh, aku lagi mau test TORCH minggu ini, baca info TORCH jadi agak takut juga yah. Aku baru ngalamin keguguran bulan september kemaren di usia baru 5 minggu,.. sayang banget aku telat untuk test TORCH nya, apa bisa karena virus Toxo ya?aku pelihara kucing angora/persia di rumah ortu ada 4 (waktu belum nikah dan skg tdk pelihara kucing lagi),tp kebersihan dan makanannya dijaga(tdk makanan mentah)..tapi apa tetep bisa ada virusnya ya?Nanti aku mau program hamil lagi 6 bulan kedepan, mudah2an lebih dipersiapkan lagi jadinya aman. Info kehamilannya tetep diperbanyak yah :). Thanks.

  • 13. Lina / Olan  |  November 20, 2006 pukul 6:30 pm

    Ih.. Makasih makasih buanget ya infonya terus terang aku penasaran banget dengan arti dari hasil test TORCH ku, soale Anti Rubella lgG dan Anti CMV lgG ku Positif suamiku jg begitu wah sempat khawatir nih kirain saat ini aku udah terinfeksi toxo ternyata salah. Aku happy banget hari ini karena besok aku rencana ke dokter kandungan langgananku utk lanjut terapi agar aku bisa mengandung karena udah 3 tahun blm punya momongan. Akhirnya aku bisa lega setelah menjalani semua pemeriksaan aku tinggal melangkah maju selangkah lagi untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya yang diprogram oleh dokter. Makasih ya JerRi atas smua penjelasan yg dikau tuliskan..

  • 14. TuNeZ  |  Desember 8, 2006 pukul 12:48 pm

    Wah thx bgt infonya ya? 2 hari yg lalu g jg hbs test TORCH tuch hasilnya IgG g positif meskipun range-nya kecil, aduh sempet takut deh, tapi pas g baca2 artikel, salah satunya artikelnya JerRi g jd lega deh, emang sih dulu sblm g nikah dirumah g plihara anjing, mungkin dr situ kali ye?..anyway thx alot for your information.

  • 15. handa  |  Januari 23, 2007 pukul 1:20 pm

    TQ bgt buat infonya, waktu kecil aku seneng banet main sama kucing sampe bobo bareng, n seminggu yg lalu gw tes TORCH lgG positif tapi lgM negatif…. padahal gw lagi hamil 2 bln n deg..deg an banget takut anak gw cacat tapi untung lah.. setelah baca artikel jerry tenang deh ohya kecuali HSV II lgG ku negatif tapi lgM anti ku equivocal… indeksnya 1,07 mesti di obatin gak ya… bales ke email ku ya….

  • 16. shanty  |  Maret 20, 2007 pukul 10:04 pm

    dirumah saya dulu banyak melihara kucing , ada sekitar 8 an, tetapi sekarang hanya 2. setelah saya pindah karena kuliah , & terpaksa ngekos, tempat kosan saya ternyata banyak kucingnya… sampai- sampai kucing- kucingnya sering kencing didepan pintu & sendal- sendal saya. 2 minggu yang lalu saya terserang flu berat, sampai sekarang . mata dan hidung saya gatal- gatal parah, teman saya menganjurkan saya supaya memeriksakan diri apakah saya terkena toxo atau tidak, soalnya dia pernah baca diartikel tentang toxo yang menyebabkan kebutaan. dari dulu saya sering flu, batuk- batuk banyak dahak(susah keluar) radang tenggorkan & demam bisa sampai 1 bulan baru sembuh. tadinya saya takut paru -paru saya terganggu sehingga saya pergi ronsen, setelah ronsen ternyata paru- paru saya tidak bermasalah. besok rencana saya mau cek ke rs, tapi saya penasaran makanya searching- searching diinternet…

  • 17. Imelda Kapojos  |  April 10, 2007 pukul 8:29 am

    Saya lagi hamil muda, tepat hari ini usianya 8 minggu. Kemaren baru ambil hasil tes TORCH di lab. Puji Tuhan, menurut dokter konsultasi free di Lab Pramita, hasilnya smua baik, kecuali IgG anti rubella positif. Itu pun kata si dokter aman kok, masih bisa melanjutkan kehamilan dan tidak beresiko tinggi untuk terjadi apa2 dengan janin saya. IgM anti rubella hasilnya equivocal, apa sih artinya itu? Oleh si dokter kemaren dijelasin bahwa equivocal itu artinya tidah terbaca hasilnya, tapi saya masih tetep bingung… haruskah saya periksa lagi khusus IgM anti rubella?

  • 18. Toksoplasma...apaan sih? « Wong Cilik nDerek Langkung  |  April 17, 2007 pukul 12:59 pm

    [...] hasil browsing saya di jerRi, teman pagi dan Spesialis TORCH, mungkin akan lebih jelas bila dibaca [...]

  • 19. Yudi  |  Mei 4, 2007 pukul 2:31 pm

    Untuk pelaksanaan kiret apakah ada pengaruhnya untuk kehamilan selanjutnya, lalu kapan saya dapat melakukan kehamilan lagi. dan berapa biaya untuk melakukan kiret.
    Janin yang tidak dapat berkembang bisa disebabkab karena apa, tolong dijelaskan.

  • 20. yetty  |  Juli 12, 2007 pukul 4:18 pm

    asyik dapet ilmu baru..jd tak merasa sendiri..jd pengen sering ngobrol dengan teman senasib..aku sendiri udah 4 th blom punya anak..ngimana ya biar bisa punya anak cepat?

  • 21. ariyanto  |  Juli 13, 2007 pukul 11:39 pm

    Pak Jerry yang baik
    hasil lab bayi saya( 2 minggu) adalah sbb:
    1.TOxo
    IgG 8.9 positive
    IgM 0,020 negative
    2. Rubbela
    IgG 13,70 positive
    IgM 0,16 negative
    3.CMV
    IgG 45,30 positive
    IgM 0,04 negative
    4.HSV1
    IgG 2.44 positive
    IgM 0,24 negative
    Apa kesimpulan dr hasil lab tsb
    Apa ada obatnya pak
    terimaksih banyak

  • 22. Goes  |  Juli 20, 2007 pukul 9:34 am

    Istri saya hamil 2 bulan, setelah cek tork bawah hasil tes darah menunjukan Anti Virus Rubella IgG (+) dan Anti Virus CMV (+). Yang saya mau tanyakan bolehkah diteruskan kandungan istri saya? bahaya ngak dengan janin yang dikandung? langkah-langkah apakah yang harus saya jalankan? sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya…

  • 23. Hartanto  |  Juli 20, 2007 pukul 9:45 am

    saya mau menyakan seorang ibu yang terkena kalau Anti Virus CMV IgG nya 86 (+) maupun Anti virus Rubella nya IgG 60 (+) harus bagimana kalau sudah teranjur hamil dulu? apa seorang ibu itu sudah mempunyai kekebalan terhadap virus rubella dan Virus CMV nya? baik bayi yang dikandungnya itu, mohon doberi saran dan jawabannya untuk saya supaya saya istri saya menjadi tenang selama mengandung…

  • 24. Irke/Joseph.  |  Juli 20, 2007 pukul 2:28 pm

    Saya mau menanyakan apakah anak saya pernah terkena toksoplasma krn hasil pemeriksan darah IgG =123 (Positif) dan IgM =0,26 (Negatif). Dan apakah anak saya masih terkena Toksoplasma dgn IgG =123 (Positif) sekarang ini.
    Dan kalo memang masih terkena , apakah ini berbahaya bagi anak saya ? Mohon di beri saran dan jawabannya krn saya bener-bener masih awam dlm hal ini.
    Sebelumnya saya ucapakan terima kasih atas jawabannya.

  • 25. Rebecca  |  Agustus 6, 2007 pukul 9:55 pm

    Oom Jerry, i have a plan to get married on this November..
    but i’m so freak out.. u know, that i love dog very much ( offcourse ) till i bring it to sleep and only in the floor but in the same room with me.. weird yaaah ? so what is your suggestion for me ? i should check my self with TORCH test is it?
    Thank you for your kindness…

  • 26. fabbiy  |  Agustus 30, 2007 pukul 3:50 pm

    thxs banget ya atas infonya….gimana dgn rubella…?? kasih info yg lebih lengkap dunk…plisss…..

  • 27. yana  |  September 6, 2007 pukul 7:36 pm

    saya mau tanya arti lengkap dari PLASENTA itu apa?

  • 28. yana  |  September 6, 2007 pukul 7:37 pm

    saya mau tanya arti lengkap dari PLASENTA?

  • 29. Nubella  |  September 11, 2007 pukul 7:09 pm

    saya mau tanya ;
    kalau hasil dokter seperti ini :
    toxoplasma IgG : +, liter 95 IU/ml
    toxoplasma IGM : –
    – Apa artinya ?
    – apa masih bisa berbahaya untuk janin umur sekitar 9 s/d 10 minggu ?
    Mohon pencerahan.

    Terimakasih

  • 30. Gorbachev  |  September 27, 2007 pukul 8:42 pm

    Calon istri saya memeriksakan TORCH, hasilnya :
    Anti Toxo IgG : Negative
    Anti Toxo IgM : Positif, OD Ratio 3
    Lainnya (CMV – HSV dan Rubela) : Negative.
    Yang mau saya tanyakan :
    – Apa arti hasil test tsb ?
    – Kami merencanakan 3 bulan kedepan utk menikah, apakah perlu penyembuhan dulu baru menikah ?

  • 31. blog reader  |  Oktober 3, 2007 pukul 5:30 pm

    thanks ya atas info toksonya.
    kata temen emang kalau mau hamil jangan karena kebetulan akan tetapi lebih baik dicek sejak dini tentang sebundle pemeriksaan di atas.
    jadi ada gambaran
    thanks :-)

  • 32. blog reader  |  Oktober 3, 2007 pukul 5:32 pm

    maksudnya kebetulan itu ga ada planning.
    jadi memang perlu suami gue temenin gue ke dokter kali ya.. he he he. mumpung belum hamil. thanks alot lah pokoknya!!!

  • 33. andi  |  Oktober 24, 2007 pukul 5:02 pm

    thanks banget infonya , klo bisa saya pengen lebih dapat yang banyak infonya karena ini penting banget. keluarga saya juga terkena TOCH , klo bisa kasih info tempat dan pengobatannya??/

  • 34. Vita  |  Oktober 30, 2007 pukul 1:43 pm

    thanks banget infonya…aku salah satu penderita yang mengidap torch. Alhamdulillah semua menunjukkan IgM negatif tetapi IgG positif…..sekarang saya sedang pengobatan di RSCM dengan Prof. Dr. Santoso…..dokternya baik banget.Semua dijelasi dengan rinci….

  • 35. sabrina  |  November 2, 2007 pukul 6:19 pm

    Mulai Juni 2007 saya n tunangan sya punya kucing persia short hair&long hair, awalnya satu tapi saking senengnya samp skrg dah ada 8.semua kmi piara jdi satu di ruang khusus kucing (terpisah kira2 5 meter dari rumah). Ruang kucing kami ukuran kurang lebih 3×3 meter,di rumah tunangan sya.(Kami rawat betul pussy2 ksayangan kami mulai dari kami beri mkanan&susu khusus kucing, vitamin, mandi&salon di petshop plus juga imunisasi ke dkter hewan. Sampai saat ini kami masih merawat pussy2 kami sendiri, karena kami belum percayakan ke orang/pembantu untuk merawat.Pussy2 kami klo puff di pasir yg sngaja kami sdiakan,kami brsihkan sehari 2x,pagi&sore sambil kmi semprot desinfektan TH4+,&ruangan disemprot dg pwangi. Tiap hari kami mluangkan wktu u brmain dg pussy2 kami.Terutama tunangan sya.Pertengahan tahun dpn kami ada rencana untuk menikah.Smp skrg kmi blm test TORCH.Bgmn mnurut anda jka kami mnginginkan u terus memelihara pussy2 kmi tpi kmi pun ingin bebas dari toksoplasma?? adakah obat/ apapun lah istilahnya agar kami bisa terhindar dari tokso?? mohon tanggapannya. tksh sblmnya.

  • 36. rita linda  |  November 9, 2007 pukul 12:24 pm

    siang…
    bulan maret 2007 saya cek Toxo Igg 219 dan CMV Igg 47 periksa dilab Kimia Farma. saya konsumsi ramuan tradisonal “Specialist TORCH Juanda” .selama 4 bulan. 8 Nov aku cek darah lagi ternyata Toxo Igg naik 1515 dab CMV 49. saya stress banget…apa mungkin kenaikan bisa setinggi itu selama 6 bulan?
    mohon bantuannya yang mengerti atau pengalaman.
    makasih

  • 37. rita linda  |  November 9, 2007 pukul 12:26 pm

    lanjut…
    saya tambahkan lab 1 cek di Kimia Farma
    lab 2 di Prodia
    mohon ditanggapi….tx

  • 38. Frederika  |  November 21, 2007 pukul 2:37 pm

    Waduh..emang bener komplit… plit …plit…keragu – raguanku jadi terjawab. Sempat Panik karena Test untuk rubella dan CMV nya untuk yang IgGnya pada positif, tapi begitu liat penjelasan yang “ajib” ini jadi agak plong..karena IgM untuk TORCH semua negatif…. artinya Don’t worry to much… Pokoknya happy pregnant deh…

  • 39. rindang  |  Desember 22, 2007 pukul 7:52 pm

    klo saya cmv cuma 35 tokso 31 robella 32 sama hisv2 2.0 sekarang koordinasi jalan kurang baik gimana nih

  • 40. Ratih  |  Januari 7, 2008 pukul 9:56 am

    Saya belum menikah, 24 tahun, terkena TORCH dengan hasil : semua IgG (+) dan IgM (-). Saya sudah memeriksakan ke lab dan hasilnya masih sama. Apakah jika saya hamil nanti bayi yang sya kandung akan cacat?Mohon penjelasannya melalui email saya. Terima kasih

  • 41. dian  |  Januari 7, 2008 pukul 9:56 pm

    saya baru menikah 6 bulan.saya mulai hamil pada 2bulan pertama,bahagia rasanya langsung diberi momongan.namun pada usia kehamilan 11 minggu,saya mengalami pendarahan.Janinku tidak dapat diselamatkan.Saya tanya pada dokter,apa penyebabnya.Katanya penyebabnya banyak&jika mau tahu harus tes dilab.saya pun mengikuti saran dokter.saya lakukan tes toxo.Ternyata hasilnya, saya positif IgG&IgMnya.saat ini saya sedang menjalani pengobatan.Yang jadi pertanyaan saya setelah tahu tentang TORCH,
    Apakah mungkin dalam tubuh saya masih terdapat virus yang lain? Dan seberapa besar kemungkinannya? Dan apakah setelah di obati virus itu tidak dapat berkembang lagi,mengingat tidak dapat dimusnahkan semuanya? mohon penjelasannya.Terimakasih

  • 42. Rein erlina  |  Januari 11, 2008 pukul 4:17 pm

    Saya saat ini sedang hamil 12 minggu, setelah cek darah di Prodia ternyata sy terserang virus tokso, setelah itu 3 minggu kemudian sy cek darah lagi, hasilnya tetap positif dengan tingkat avidity low. Menurut dokter di RS. Bunda Jakarta agar virus ini tidak menyebar kejanin saya harus minum obat Rovamycine 3 MIU selama usia kandungan 16 minggu dan setelah itu dilanjutkan dengan obat tokso lain selama 9 bulan. Apakah benar obat tersebut dapat mencegah penularan virus ke janin, lalu apakah tokso dapat disembuhkan? Bagaimana pengaruh virus tersebut ke janin? Mohon penjelasannya. Terimakasih

  • 43. Kusuma  |  Maret 5, 2008 pukul 11:45 am

    Saya 34th, berencana punya baby. apakah jika HSV1 LgG positif 2.94 tapi LgM Negatif. dan tes 1 bulan berikut HSV1 LgG positif 2.38 dan LgM tetap negatif boleh hamil dan aman?. terima kasih.

  • 44. riyanti  |  Maret 10, 2008 pukul 9:44 pm

    saya terkena virus toxoplasma dan sekarang mengalami masalah dengan penglihatan saya. Saya sudah berobat ke dokter mata sampai ke pengobatan alternatif tapi tidak ada hasil. Mohon bantuan jika ada yg tahu pengobatan virus toxo ini TQ

  • 45. icha  |  April 1, 2008 pukul 10:59 am

    saya akan merencanakan utk hamil lagi, dulu anak saya yang pertama kena cmv, apakah sebelum hamil lagi saya harus cek
    darah dulu.tapi knapa sih biayanya mahal banget …….

  • 46. Khoirul Burhani  |  April 1, 2008 pukul 12:15 pm

    Jika Anda periksa lab darah, dan ternyata anda terinfeksi TORCH (Toxo, Rubella, CMV, dan Herpes); jangan terlalu khawatir. Ada ahlinya. Silakan kunjungi http://www.spesialis-torch.com

    Mudah-mudahan Anda peroleh solusinya.

  • 47. evy  |  April 13, 2008 pukul 2:08 pm

    0mmm….,seminggu yang lalu saya periksa torch yang kedua kali ke lab prodia di daerah saya, bantuin saya dunk… buat baca hasil lab saya:
    Toksoplasma igg= positif, igm negatif
    rubela igg= positif(137), igm positif= 1,2
    CMV igg=positif,igm ngatif
    HSV1 dan HsV2 igg dan igm negatif semua

    hasil tes yang kedua yang membuat saya heran untuk rubela igg nya malah naik (168),tetapi igm nya negatif. untuk para meter yang igg nya positif nilainya sdh turun semua tapi ttp igmnya negatif semua. apakah saya bolh hamil……

  • 48. Dewi  |  Mei 18, 2008 pukul 1:20 pm

    Halo om…
    Ternyata banyak sekali yang antusias tentang TORCH
    apa lagi saya pernah terinfeksi, tahunya dari keguguran anak pertama saya jadi saya lebih tahu banyak.
    Saya mohon om bisa bikin artikel tentang TORCH bagaimana penyembuhannya karena banyakyang tertarik mengenai masalah itu
    Thx

  • 49. Khoirul Burhani  |  Juni 13, 2008 pukul 9:46 am

    Banyak artikel tentang TORCH dapat dilihat di http://www.spesialis-torch.com

    Dengan pengalamannya, Ir. H. A. Juanda telah banyak membantu kesembuhan penderita torch.

    Alhamdulillah.

  • 50. Terry  |  Juni 16, 2008 pukul 7:01 pm

    Kalo boleh nambahin, untuk membantu penyembuhan para penderita toxo atau TORCH lainnya, selain berobat lewat dokter, ada produk yang bagus utk membantu menon aktifkan virus2 dan bakteri2 dengan propolis platinum. propolis bisa dicek juga via browsing internet adalah ludah lebah yang menjadi bahan dasar utk membuat sarang madu, ludah tersebut mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur, serta merupakan antibiotik alami yang mampu membantu ketahanan tubuh melawan virus atau bakteri2 tsb. selama ini saya sudah membutktikannya dengan melawan batuk, flu dan radang tenggorokan dengan propolis, bahkan tanpa mengkonsumsi obat2an dari dokter, cukup propolis saja dan penyakit tsb tidak jadi berkembang. saya tidak menganjurkan utk lepas dari obat dokter apalagi utk masalah TORCH, tetapi bisa banyak membantu dengan propolis. lebih alami dan aman. Utk yang sudah terinfeksi selain propolis, bisa juga dengan mengkonsumsi Gamat Emulsion (juga bisa di check di internet apa itu hewan laut gamat). gamat itu adalah teripang atau sea cucumber. komposisi gamat lebih banyak berupa colagen, yaitu zat yang mempunyai kelebihan dalam regerasi sel. sehingga kalau kita meminum air gamat, sel2 tubuh yang rusak dapat di regenerasi lagi sehingga menjadi sehat kembali. bagi yang sudah terkena TORCH akan lebih baik mengkonsumsi propolis dikombinasi dengan gamat emulsion, karena dapat memperbaiki sel2 yang sudah diserang oleh virus TORCH tadi sehingga dapat sehat kembali. Selain itu bagi yang sering keguguran, gamat dapat menambah kesuburan bagi suami istri. cuma produk2 diatas tidak dijual bebas, melainkan lewat MLM, jadi sedikit susah utk mendapatkannya. saya bisa bantu kalau ada yang memerlukannya, karena saya juga pengkonsumsi produk2 tersebut diatas. kalo ada yang butuh bantuan bisa tlp ke saya di 021-71403713.

  • 51. John Jomblo  |  Juni 18, 2008 pukul 10:12 am

    Website yang sangat berguna dan luar biasa.

  • 52. Ny. Anna  |  Juli 22, 2008 pukul 4:07 pm

    Thanks ya atas infonya… Saya jadi gak takut hamil… ‘coz hasil test Tokso saya : IgG Positif dab IgM Negatif…!! Tapi sama dokter saya tetap di kasi obat buat Tokso….

  • 53. sasha  |  Juli 25, 2008 pukul 3:53 pm

    2 minggu yang lalu saya kehilangan bayi saya setelah bayi saya dioperasi. bayi saya lahir dengan tulang sum2 belakang tdk lengkap, kulit belakangnya terbuka dan diotaknya penuh cairan yang bisa menyebabkan kepalanya membesar setiap saat. selama hamil keadaan saya baik2 sj. setelah semua ini terjadi saya baru dianjurkan tes TORCH oleh dokter kandungan saya. ternyata Rubella lgG dan CMV lgG positif. tapi sampai sekarang belum terdeteksi apakah itu adalah penyebabnya, karena waktu saya hamil saya juga malas minum susu hamil. sehari paling cuma sekali. itupun mungkin dalam seminggu tidak setiap hari. dokter yang mengoperasi anak saya adalah spesialis saraf. hasil operasi yang diangkat dari belakangnya setelah didiagnosa bernama TERATOMA SOLIDUM. apakah itu?tolong bantu saya dengan menjawab pertanyaan2 saya ini karena saya berencana untuk segera hamil lagi. terima kasih banyak sebelumnya…

  • 54. Lia Hera  |  Agustus 11, 2008 pukul 9:36 pm

    2 hr yl rahim q hbs d kuret krn abortus incomplet dg usia janin dprkirakan 1 bln. Well, info ini ngebantu bgt. Thx a lot yak! Paling tdk ga tulalit bgt kl ada yg tanya ttg tu parasit tokso. Rncna bsok mo test TORCH tuk tahu kpstian apakah abortus kmrn ada kaitannya sm parasit itu. Btw q ga suka kucing, tp dr bayi cenger (owek-owek) ampe segede gni suka bgt pliara doggy n kbtulan bokap pny pliaraan burung2 ksygan d rmh. Pengaruh ga ya? :$

  • 55. kharisma  |  Agustus 15, 2008 pukul 2:50 pm

    saya baru menikah 7bln, dan kebetulan di rumah saya memelihara
    kucing dalam jumlah yang lumayan banyak.
    jujur saja saya takut untuk periksa TOKSO dengan alasan keuangan,tapi setelah membaca di web ini.saya punya ancang-ancang berapa biaya yang harus saya keluarkan.
    kira-kira bisa memberikan referensi, RS mana yang cukup proposional untuk saya memeriksakan diri.
    Terima kasih

  • 56. ririen  |  September 17, 2008 pukul 3:44 pm

    dok aku menginap tokso nih… kira2 apa ya obatnya… aku takut ga bisa hamil

  • 57. yuli  |  September 24, 2008 pukul 10:49 am

    Pas banget ama yg sedang ku hadapin.
    Seminggu yg lalu saya br saja tes TORCH, dan hasilnya untuk Toksoplasma dan Rubella negatif, tapi untuk CMV nya Ig G ( + ) dan Ig M ( – ), saat ini saya dinyatakan hamil 7 mgg, apakah hasil ini aman buat kehamilan saya?
    Terima kasih

  • 58. hahahha  |  September 29, 2008 pukul 11:19 am

    just try

  • 59. doni  |  November 4, 2008 pukul 4:03 pm

    apakah tokso itu bs menyebabkan blight ovum doc?

  • 60. windy  |  November 24, 2008 pukul 4:53 pm

    salam…

    saya seorang kakak dari adik yg menderita toksoplasma… virus tokso pada adik saya sudah menyebar ke semua sistem saraf, mulai dari rasa, gerak, mata, etc…. kami sekeluarga sudah berusaha maksimal.
    adik saya sudah menjalankan C.T. Scan dan MRI dan sudah 2 bulan ini di rawat di rumah sakit mulai tgl 27 september 2008.
    yang kami lakukan saat ini hanya tetap bersama dia, memberi semangat, tidak putus obat medis dan pengobatan alternatif khusus tokso.
    Mohon doa untuk kesembuhan adik saya.
    Terima kasih

  • 61. Pipien  |  Desember 3, 2008 pukul 3:03 pm

    Sy jg pernah hml.tp usia 3 bln kurang sy keguguran.setelah tes darah ternyata sy positif terkena toksoplasma.6 bln sy pengobatan,dan selama itu sy KB dl.setelah pengobatan sy dinyatakan negatif.tp sampai skrg saya ko blum hamil lg?padahal ketika br menikah sy langsung hamil.apa berpengaruh saat merencanakan kehamilan?

  • 62. Hati hati dengan kucing dirumah « Asahannews  |  Desember 5, 2008 pukul 6:44 am

    [...] Toksoplasma dapat menyebabkan keguguran dan menyebabkan cacat bawaan jikalau melahirkan pada wanita hamil dan kebutaan pada laki laki. [...]

  • 63. Hati hati dengan kucing dirumah | asahannews.com  |  Desember 7, 2008 pukul 8:15 am

    [...] Toksoplasma dapat menyebabkan keguguran dan menyebabkan cacat bawaan jikalau melahirkan pada wanita hamil dan kebutaan pada laki laki.Sangat membahayakan sebenarnya penyakit yang ditimbulkan oleh kucing [...]

  • 64. PUTU RESI LESTARI  |  Desember 11, 2008 pukul 4:35 pm

    Hallo, saya mau nanya kalau hasil ada hasil pemeriksaan seperti ini:;
    lgG Anti Toxoplasma 390
    lgM Anti Toxoplasma 0,25
    lgG Anti CMV 35,00
    Aviditas lgG CMV 0,82
    artinya apa yah? dan apa saja yang harus saya lakukan jika memang itu berbahaya?
    Boalehkah saya dikasita tahu, biaya yang harus saya siapkan untuk obat dan terapinya? Terima kasih.

  • 65. ilmafadjar  |  Januari 3, 2009 pukul 8:11 am

    terima kasih ya atas penjelasannya yang komprehensif dan mudah dimengerti.

    saya baru mulai diperiksa virus ini. tidak ada keluhan atas sakit ini, tapi dokter ternyata jeli dengan keadaan fisik saya saat konsultasi. berhubung tesnya mahal, total 1.2 juta akhirnya saya search mbah gugel dan ketemu lah salam satu webblog ini.

  • 66. Suci  |  Januari 9, 2009 pukul 2:18 pm

    Terimakasih banget atas penjelasannya, kemarin saya baru terima hasil TORCH dan agak panik karena IgGnya positif dan IgM negatif plus dr.Enud baru kena stroke jadi ngak bs konsultasi, berkat blog ini sekarang saya sudah lega.

  • 67. laydee  |  Februari 12, 2009 pukul 3:44 pm

    saya sebenarnya pingin tes TORC, namun dokterku bilang ga perlu2 banget, karena biayanya mahal. di pontianak 1,7jt. pantesan beliuau ga menyarankan, dan langsung memberi obat, ternyata untuk biaya obatnya saja sudah 1,1jt…waw….tapi rencananya sekarang saya mau coba terapi herbal punya pak Juanda bogor.

  • 68. zakiah  |  Maret 3, 2009 pukul 8:48 pm

    Sejauhmana sih tksoplasma memeng bisa menghambat kehamilan? Karena setelah menikah selama 5 (lima) tahun dan belum dapat momongan saya sudah ganti doker kandungan beebrpa kali, tapi baru bulan lalu saya disaranin tes TORCH hasilnya saya dan suami positif menderita Tokso IGg 300 dan rubella.1,75.

  • 69. echi  |  Maret 4, 2009 pukul 11:28 am

    thanks banget,,
    infony benar2 membantu
    secara Q suka banget ma kucing
    [dirumah ad 6]
    tp merk gak mkn daging
    [nangkap tikus iya sich..]
    tp q kn cb priksa dech k Lab
    sereemm…!!!

  • 70. neilhoja  |  April 3, 2009 pukul 3:57 pm

    mm jeng, boleh diposting ulang kah??

    saya posting di blog saia ya… kalo ndak boleh, ntar aku remove. syukron… makasih.

  • 71. Riana  |  April 16, 2009 pukul 1:35 pm

    Buat yang kuatir biaya cek labnya. Coba deh cek ke lab rscm biayanya hanya Rp.607.000 hasil dapat diambil dalam tiga hari. Beda jauh kan kalau dibandingkan dengan prodia, padahal kualitasnya sama kok.

  • 72. azni  |  April 23, 2009 pukul 7:47 pm

    saya remaja 18 th. pelihara 9 kucing. setelah tau tentang tokso, saya jadi takut sendiri dengan kucing saya. padahal saya biasa tidur dengan kucing. dan ada kucing kecil saya yang di dalam rumah terus, karena tidak saya bolehkan untuk keluar rumah karena takut ditabrak mobil, sehingga buang kotoran nya pun di dalam rumah.

    lalu saya harus bagaimana? saya tidak bisa kalau harus membuang kucing saya, karena sudah terlalu sayang.
    tolong dibalas ya..
    trimakasih

  • 73. denilicious  |  Mei 13, 2009 pukul 11:17 am

    trims infonya sanat membantu.coz aq punya banyak kucing dirumah dan untung deh…mereka gak jadi dijual…

  • 74. sri  |  Juli 5, 2009 pukul 4:18 pm

    Saya selalu tertarik dg info ttg virus torch krn saya n suami juga terkena virus tsb. Berawal dr meninggalnya anak kami di usia sekitar 1,5 bln dg hasil tes lab (+) CMV n rubella utk igg, (-) utk igm. Kami baru tau klo terkena virus dr tes lab anak kami krn pra nikah n pra hamil kami tdk melakukan tes lab. Dr hasil tes lab saya (+) CMV n rubella utk igg, juga suami saya. Hasil konsul di dokter kandungan, saya boleh langsung hamil dg catatan minum obat anti virus secara rutin dg harga sangat mahal utk ukuran kantong kami. Tapi kami juga pernah membaca di internet klo ingin hamil hrs berobat dulu meskipun igg. Ada juga yg menyatakan bila igg, tanpa obatpun boleh hamil. Bagaimana yg benar? Bila igg (+) apakah setiap hamil hrs mengkonsumsi obat terus & apakah menjamin anak tdk bermasalah secara fisik+mental bila lahir? Siapapun yg ada info ttg virus torch, tolong diinformasikan ke email saya. Thank’s.

  • 75. emmy  |  Juli 16, 2009 pukul 11:02 am

    saya salah satu penyayang kucing…kalu ada kucing kecil terlantar dijalan pasti saya rawat…masalahnya saya sekarang amat khawatir dengan keadaan tubuh saya…saya takut terjangkit TORCH…saya jadi takut menikah…tapi mendengar penyakit ini bisa disembuhkan walaupun dengan harga yang mahal…kekhawatiran saya jadi berkurang…terima kasih ya postingannya….

  • 76. winny  |  Agustus 28, 2009 pukul 11:13 pm

    Saya pernah baca buku yg berjudul INFEKSI TORCH lengkap dg pnjelasan mengenai patogenesis, infeksi maternal-kongenital dan pengobatannya yg ditulis oleh dr. Suwardji Haksohusodo .untuk pengobatan Toxoplasmosis , spt yg di ulas JerRi, memakai Spiramycine 3MIU-3Xsehari lbh efektif lagi bila selama pengobtn dg spiramycine selalu dibina kehidupan flora usus agar pseudo kista dlm mesenterik dan vili2 usus turut tercerna(biasanya diberikan pula vitamin BComplex atau obat pemacu suburnya flora usus yang lain) .saya sedia suplemen yang efektif merangsang pertumbuhan bakteri baik (sebagai prebiotik)karena mengandung :Spirulina prebiotik, vitamin BComplex,chlorella.kami sekeluarga mengkonsumsinya utamanya anak kami yg bungsu krn dia juga terkena virus torch. Kalau ada yg membutuhkan ,silahkan menghubungi saya di no.HP 081548351133 untuk pengobatan Rubella,CMV akan saya berikan pada tayangan berikutnya ya…masih mengutip tulisan dr. Suwardji Haksohusodo,Sp.MK…he…he..

  • 77. winny  |  Agustus 28, 2009 pukul 11:36 pm

    Pengobatan/pencegahan untuk infeksi Rubella antara lain:
    – Roboransia
    -Vaksinasi sebelum perkawinan dengan vaksin MMR
    -dalam kehamilan Trisemester I dan III diperhatikan,agar tidak berdesak2an di ppasar/pertunjukan2 masal(bila perlu memakai masker penutup pernafasan)
    tidak menengok bayi lahir dengan ibu pasca infeksi rubella
    Terapi yang khas belum ada hanya antibodi spesifik terhadap virus Rubella.Sehinnga terutama bagi wanita hamil diberikan BRM atau
    pemicu sistem kekebalan tubuh sendiri,tidak diberikan obat2an anti viral (kontraindikasi).Karena itu sebelum mengandung sebaiknya diberikan vaksinasi MMR…….penjelasan tersebut hasil kutipan dari dr.S.Haksohusodo smoga mewmbawa manfaat.amien

  • 78. farida rahmawati  |  November 21, 2009 pukul 11:34 pm

    saya kena virus tokso. saya ibu rumah tangga 29, sdh punya anak 2 normal semua. IgG 70 N iGm (-). setiap saya kambuh mata saya sakit, badan saya lemah n sakit kepala saya gak tertahankan sampai mata saya rasanya panas sekali. yg saya mau tanyakan apa saya bisa buta gara@ SAYA KENA TOKSO ?

  • 79. henny  |  Maret 21, 2010 pukul 9:46 pm

    saya pernah hamil.kehamilan tersebut adalah yang ketiga. pada awal kehamilan, janin saya dinyatakan sehat. sampai ketika memasuki usia kehamilan 5 bulan, perkembangan janin saya sangat lambat. ketika saya periksa ke dokter, ternyata janin saya sudah meninggal. saat dikeluarkan, kepala dari janin saya banyak cairan berwarna hitam. menurut dokter kandungan saya, diduga janin saya terinveksi virus toxo. saya masih ingin hamil lagi tetapi dokter menyarankan untuk periksa tokso saya. yang mau saya tanyakan apakah masih ada kemungkinan saya untuk hamil tanpa ada resiko janin saya nanti mengalami hal yang sama seperti sebelumnya.

  • 80. Ressy  |  Maret 27, 2010 pukul 8:36 pm

    infonya lengkap,,
    enak bacanya udah dirangkum jadi satu, aku ijin ngelink ya mbak,
    kemarin baru tes TORCH lg nunggu hasilnya
    Makasih :)

  • 81. zizi  |  Maret 30, 2010 pukul 9:11 pm

    dear…
    dilema nih habis baca ttg tokso..zi suka kucing tapi g mau kena tokso.so what should i do??

  • 82. Rosi  |  Juni 6, 2010 pukul 12:03 am

    bagaimana klo ada orang yang Toxo nya greyzone?

  • 83. kamaludiensh  |  September 23, 2010 pukul 12:50 pm

    mhon info buat buka cabang di kota jember

  • 84. Aminah  |  Oktober 4, 2010 pukul 10:28 pm

    pada hamil pertama bayi saya meninggal dlm kandungan umur 8 bln,saya pernah kena virus tokso dan sudah ditanganin sama dok setempat, terus hamil yg kedua bayi saya lahir pada bln ke 8 dgn berat 2,5kg karena pendarahan dan harus disesar.dan hamil yg ketiga ini usia kandungan hanya 3 bln saya keguguran.yang saya mau tanyakan, Apakah virus tokso itu setelah ditanganin suatu waktu juga bisa timbul lagi?kalau saya berobat lagi apakah bisa sembuh total?

  • 85. fitriana  |  April 3, 2011 pukul 12:09 am

    saya seorang ibu berumur 31 thn, saat ini harusnya saya sdh mempunyai 3 buah hati namun yang ada saat ini hanya 1 org yaitu anak pertama saya. anak saya yg ke-2 meninggal di usia 7 bln krn menderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB), yang ke-3 meninggal di usia 4 bln pada Nov 2010 lalu dgn penyakit yg sama seperti kakaknya dokter bilang PJB adalah penyakit bawaan sedari bayi msh dlm kandungan,saya disarankan cek ke lab hslnya saya + terkena toxo lebih dari 1 thn yg lalu.saat ini saya sdh selesai menjalani terapi minum obat dan dlm wkt dkt berencana ingin segera hamil lagi. semoga jika Allah kembali memberi kami rezeki seorg anak,bisa menjadi anak yg sehat lahir dan batinnya Amiin.

  • 86. alfalink  |  Juni 28, 2011 pukul 11:35 am

    Trimakasih infonya, ini sangat bermanfaat untuk skripsi saya.
    Best regard from my blog: Alfalink Dictionary

  • 87. Enka  |  Maret 30, 2012 pukul 9:44 pm

    Ass…subhaanalloh, tulisan ni sgt brman’faat bgt khususnya bagi saya, cz saya jg saat ni trkena toksoplasma n CMV…

  • 88. maskardiman  |  April 1, 2012 pukul 5:05 pm

    Mantaff gan artikel nya.semoga lebih berkembang dan tambah maju.

  • 89. Bogor  |  Mei 8, 2012 pukul 9:14 am

    Saya punya pengalaman memberi saran kawan2 yg istrnyai terkena TORCH. Caranya minum buah Pace, sebaiknya tanpa gula. Semua kawan berhasil melahirkan anak dgn sehat. Memang Allah SWT Tuhan Pencipta Alam selalu menyiapkan solusi bagi mereka yg beriman. Tetapi jangan lupa ikut KB, Indonesia sdh terlalu banyak orang.Tirulah Cina dgn mode 1 anak berkualitas.Di sana, anak2 mereka menempuh S2 sebagai target minimal pendidikannya.

  • 90. riyantoro  |  April 11, 2013 pukul 5:08 pm

    Thanks banget Non dah sharing infonya
    Gak perlu baca mailing list yang puanjaaang… Cukup baca postingan mu yg dah singkat padat dan gaul penyampaian nya
    hehehe

    Thanks yach, jadi ngerti dikit2 nih hoho

  • 91. dewi  |  Desember 12, 2013 pukul 1:33 am

    pak, saya sedang hamil 2 bulan. pas dites anti toxo igG hasilnya 1100, dan anti toxo igM 0,48. saat ini dokter memberikan obatnya. kira2 bisa berefek ke janin dan bs sembuh total tidak ya? kira2 brp lama pengobatannya. saya khawatir sekali bila berefek ke janin. terima kasih

Berikan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Juni 2006
S S R K J S M
    Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Pos-pos Terakhir

Dah dikunjungin sebanyak:

  • 42,171 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

